RANCANGAN PROTOTYPE DAN PEMBUATAN KEMASAN PRODUK KREATIF

Tujuan Materi :

Setelah membaca ini diharapkan pembaca dapat:

1. Menjelaskan konsep desain produk kreatif

2. Menganalisis alur dan proses kerja pembuatan prototype/model produk Kreatif

3. Menganalisis proses kerja prototype/model produk kreatif

4. Membuat desain (rancangan) produk kreatif

5. Membuat alur dan proses kerja pembuatan prototype/model produk kreatif

6. Membuat prototype/ model produk kreatif

7. Membuat kemasan dan merek (brand) produk kreatif



A. Pengertian Desain Produk

    Desain Produk merupakan terjemahan dari Industrial Design. Desain produk bisa disebut juga dengan desain kemasan yaitu sebuah ide, Pengembangan konsep, Pengujian, dan Pelaksanaan manufaktur atau jasa.

    Desain Produk adalah sebagai alat manajemen untuk menterjemahkan hasil kegiatan penelitian dan pengembangan yang dilakukan sebelum menjadi rancangan yang nyata yang akan diproduksi dan dijual dengan menghasilkan laba.

    Pengertian desain dikemukakan oleh W. J Stanton (1981), yang telah diterjemahkan oleh DR. Buchori Alma dalam bukunya manajemen pemasaran dan pemasaran jasa, yaitu : "Yang dikatakan produk adalah seperangkat atribut baik berwujud maupun tidak berwujud, Termasuk didalamnya masalah warna, harga nama baik perusahaan, Nama baik toko yang menjual, dan pelayanan pabrik serta pelayanan pengencer yang diterima pembeli guna memuaskan keinginan."


Bagian-bagian Desain Produk

Pada dasarnya desain produk terbagi menjadi dua bagian yaitu :

1) Mendesain produk yang benar - benar baru. yaitu membuat rancangan dan sketsa baru yang belum pernah ada pada desain sebelumnya.

2) Mendesain atau memodifikasi produk yang sudah ada (redesign) atau melakukan pengembangan terhadap desain produk yang sudah ada.


B. Maksud dan Tujuan Desain Produk

    Desain produk mempunyai maksud dan tujuan untuk membantu perusahaan dalam menciptakan dan mengembangkan produk baru atau untuk menjamin hasil produksi yang sesuai dengan keinginan pelanggan. 


Manfaat dari desain produk antara lain:

1) Menghindari kegagalan - kegagalan yang mungkin terjadi dalam pembuatan suatu produk

2) Memilih metode yang paling baik dan ekonomis dalam pembuatan produk

3) Menentukan standarisasi atau spesifikasi produk yang dibuat

4) Menghitung biaya dan menentukan harga produk yang dibuat

5) Mengetahui kelayakan produk tersebut apakah sudah memenuhi persyaratan atau masih perlu perbaikan kembali


Tujuan desain produk antara lain:

a. Sebagai identitas/merk dari suatu produk;

b. Untuk menghasilkan produk yang berkualitas tinggi dan mempunya nilai jual yang tinggi;

c. Untuk menghasilkan produk yang trend pada masanya;

d. Untuk membuat produk dengan biaya seminimal mungkin dalam penggunaan bahan baku dan biaya - biaya dengan tanpa mengurangi nilai jual produk tersebut.

Komentar